APA SAJA PANTANGAN MAKANAN UNTUK PENDERITA DIABETES???


APA SAJA PANTANGAN MAKANAN UNTUK PENDERITA DIABETES???


Pantangan  Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes!- Penyakit diabetes sebenarnya dapat dikontrol dengan pola hidup yang sehat dan seimbang salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan kita sehari-hari sehingga mampu menjaga kadar gula tetap normal di dalam tubuh. oleh karena itu, sangatlah penting sekiranya bagi penderita diabetes untuk mengetahui menu makanan apa yang baik untuk anda terutama menu makanan yang harus dihindari. Menu makanan untuk penderita diabetes yang tidak baik adalah menu makanan yang banyak mengandung gula dan juga lemak. Dua kategori tersebut tentunya ada banyak makanan yang harus dihindari akan tetapi paling tidak anda mampu membatasi konsumsinya secara ketat sehingga tidak semakin memperparah penyakit anda. Artikel kali ini kita akan membahas tentang makanan-makanan apa saja yang menjadi  Pantangan Makanan untuk Penyakit Diabetes.

Pantangan  Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes!

1. Makanan yang Kaya Gula

Pantangan Makanan untuk Penyakit Diabetes yang paling utama yang harus dihindari yaitu Jenis makanan yang mengandung banyak gula adalah musuh nomor satu bagi penderita diabetes. Makanan dengan kadar gula tinggi seperti gula putih (gula pasir), es krim, donat, pastries, cokelat, serta makanan dengan pemanis buatan sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah, sehingga tidak mengherankan jika menu makanan untuk penderita diabetes tersebut harus benar-benar dihindari. Akan tetapi jika memang tidak dapat menghindarinya, anda dapat memilih dengan menggunakan gula rendah kalori yang aman untuk penderita diabetes.

2. Makanan Berkolesterol Tinggi

Menderita penyakit diabetes maka secara otomatis akan menyebabkan kadar kolesterol baik menurun dan sebaliknya meningkatkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Hal tersebut menyebabkan penderita diabetes rentan dengan beberapa penyakit akibat kolesterol tinggi, khususnya penyakit jantung. Oleh karena itu menu makanan untuk penderita diabetes juga harus menghindari beberapa jenis makanan yang berkolesterol tinggi seperti kuning telur, produk-produk susu tinggi lemak, unggas, daging merah, udang, keju, dan lain sebagainya, sehingga tidak memperparah penyakit di dalam tubuh.

3. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol cenderung akan meningkatkan kadar gula darah dan konsumsi alkohol dalam jumlah yang tinggi dapat membahayakan penderita diabetes. Kondisi hypoglycemia juga bisa terjadi jika mengkonsumsi alkohol dalam keadaan perut kosong. Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebih dapat merusak fungsi liver, yang akan semakin menyulitkan tubuh untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Oleh karena itulah ada baiknya anda menghindari minuman ini dalam daftar menu makanan untuk penderita diabetes seperti anda. banyaklah mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat dan vitamin.

Baca Juga : MENU DIET MENGURANGI PERUT BUNCIT AGAR BERAT BADAN IDEAL

4. Goreng-Gorengan

Penderita diabates harus membatasi konsumsi gorengan, khususnya yang digoreng dengan minyak terhidrogenasi karena akan cenderung meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika anda ingin mengkonsumsi gorengan, anda bisa memilih atau membuat gorengan sendiri yang menggunakan minyak yang lebih sehat seperti minyak olive. Akan tetapi jauh lebih baik lagi jika anda lebih memilih menu makanan untuk penderita diabetes seperti anda yang lebih sehat dan lebih ideal untuk penderita diabetes, yaitu jenis makanan yang dipanggang dan direbus atau dikukus

5. Buah bercitarasa manis

APA SAJA PANTANGAN MAKANAN UNTUK PENDERITA DIABETES???


Buah yang memiliki citarasa manis tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Contoh buah yang dilarang untuk dimakan penderita diabetes adalah buah durian, mangga, semangka dan lain sebagainya.

6. Nasi

Pantangan Makanan untuk Penyakit Diabetes yang paling cepat menyumbang tingginya gula darah adalah Nasi. Nasi merupakan makanan pokok yang mengandung kadar gula yang tinggi sehingga tidak baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebagai pengganti nasi, anda dapat mengkonsumsi nasi jagung atau nasi merah karena kedua jenis nasi ini memiliki kandungan gula yang tidak terlalu tinggi.

7. Umbi-umbian

Umbi-umbian merupakan sumber makanan yang banyak mengandung gula. Karena didalam tubuh penderita diabetes hanya memiliki hormon insulin yang jumlahnya sangat sedikit maka gula dari umbi-umbian tadi akan mengalir keseluruh tubuh tanpa diubah menjadi energi. Karena itulah sebaiknya anda menghindari umbi-umbian karena banyak mengandung gula dan tidak baik bagi penderita diabetes

8. Roti

APA SAJA PANTANGAN MAKANAN UNTUK PENDERITA DIABETES???


Jika Anda menyukai roti sebaiknya hindari makanan ini, hal ini disebabkan roti yang terbuat dari tepung putih ini adalah salah satu makanan yang dapat menyebabkan penyakit diabetes, hindari Roti, jika ingin gula darah Anda tetap stabil.

9. pasta Putih

Pasta putih juga merupakan makanan yang dilarang dan menjadi pantangan penderita diabetes, hal ini karena pasta putih yang terbuat dari tepung putih ini tidak baik bagi penderita diabetes. Sifat pasta putih yang cukup mudah dicerna dapat memicu naiknya kadar gula darah.

Itulah beberapa  pantangan makanan untuk penderita diabetes, sebaiknya mulai dari sekarang hindari makanan yang banyak mengandung gula agar kadar gula darah Anda stabil. Demikian ulasan tentang makanan pantangan bagi penderita diabetes. Semoga bermanfaat!

0 Response to "APA SAJA PANTANGAN MAKANAN UNTUK PENDERITA DIABETES???"

Posting Komentar