TANDA-TANDA KANKER PAYUDARA, FAKTOR PENYEBAB DAN CARA MENCEGAHAN KANKER PAYUDARA

Tanda-Tanda Kanker Payudara, Faktor Penyebab dan Cara Mencegah Kanker Payudara

Tanda-Tanda Kanker Payudara, Faktor Penyebab dan Cara Mencegah Kanker Payudara.-Penyakit datang tanpa ijin. Pun dengan kanker payudara, penyakit ini bisa menyerang siap saja, baik itu pria ataupun wanita, walaupun penyakit ini lebih banyak meyerang kaum hawa, tetapi tak ada yang bisa menjamin seseorang bisa bebas dari penyakit menakutkan tersebut. Siapapun percaya keberadaan kanker payudara, tapi percayalah, kamu takkan percaya jika suatu ketika didiagnosa mengidap penyakit ini. Semoga saja tidak. So, sebelum itu terjadi ada baiknya kita mengenal apa itu kanker payudara???, Tanda-tanda kanker payudara, Faktor Penyebab kanker Payudara dan Cara Mencegah Kanker Payudara


Tanda-Tanda Kanker Payudara

Sebelum masuk ke cara pencegahan, ketahui dulu ciri-ciri kanker payudara. Sebagaimana dibeberkan oleh Majalah Cosmopitan, ada lima gejala kanker payudara.

1. Terdapat benjolan yang terjadi di salah satu payudara saja.

2. Payudara terasa sakit terus menerus.

3. Bentuk payudara berubah tidak seperti biasanya.

4. Terjadi masalah dengan puting seperti puting yang masuk ke dalam (inversi), kemerahan atau      
     muncul luka dan kasar.

5. Keluar cairan walaupun payudara tidak ditekan.

Penyebab  Kanker Payudara

Tidak jelas apa yang menyebabkan kanker payudara. Dokter mengetahui bahwa kanker payudara terjadi ketika beberapa sel payudara mulai berkembang secara tidak normal. Sel-sel tersebut membagi lebih cepat daripada sel pada umumnya. Akumulasi sel ini membentuk tumor yang dapat menyebar pada payudara, jaringan getah bening atau bagian tubuh lain.

Kanker payudara paling sering dimulai pada saluran produksi susu. Dokter menyebut jenis kanker ini cancer invasive ductal carcinoma. Kanker payudara juga dapat dimulai dari lobulus (invasive lobular carcinoma) atau sel pada payudara.

Ilmuan mengidentifikasi hal yang dapat meningkatkan risiko anda memiliki kanker payudara. Tapi tidak jelas apa kenapa beberapa orang tidak memiliki faktor risiko mengalami kanker, sementara orang lain yang memiliki faktor risiko tidak pernah mengalaminya. Sepertinya kanker payudara disebabkan oleh kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan anda.Faktor penyebab kanker Payudara dapat kita kelompokkan dalam beberapa kategori :

1. Kanker payudara karena keturunan

Dokter memperkirakan bahwa 5 sampai 10 persen kanker payudara berhubungan pada mutasi genetik pada generasi di dalam keluarga. Sejumlah gen rusak yang diwariskan dapat meningkatkan kemungkinan kanker payudara telah diidentifikasi. Yang umum adalah gen kanker payudara 1 (BRCA1) dan gen kanker payudara 2 (BRCA2), keduanya meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker ovarium. Jika anda memiliki catatan keluarga yang kuat dengan kanker payudara atau kanker lain, tes darah dapat membantu mengidentifikasi BRCA yang rusak atau gen lain yang terdapat di dalam keluarga. Seorang wanita dengan saudara perempuan, ibu atau anak perempuan menderita kanker payudara memiliki resiko dua kali lipat daripada yang tidak memiliki riwayat keluarga. Beberapa ahli medis menyebut kanker payudara ditularkan secara keturunan.

2. Obesitas

 Kegemukan atau obesitas meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita pasca menopause sebesar 30%, ini terjadi karena adanya kelebihan lemak tubuh yang dapat meningkatkan kadar hormon estrogen dan insulin – yang menjadi penyebab umum terjadinya kanker.

Baca Juga : Menu Diet Makanan untuk Menurunkan Berat Badan dan Perut Buncit


3. Umur

Semakin tua seorang wanita, semakin tinggi resikonya menderita kaker payudara. Hal ini juga disebutkan dalam penelitian di Inggis seperti dijelaskan di atas. Wanita berusia 50-69 berada dalam kategori usia yang paling berisiko, terutama bagi mereka yang mengalami menopause terlambat. Beberapa peneliti menyebut adanya hubungan antara hormon estrogen dengan faktor-faktor penyebab kanker payudara pada wanita. 

4. Persalinan

Wanita muda yang memiliki anak memiliki resiko yang rendah terkena kanker payudara daripada oleh wanita-wanita yang masih single atau pun mereka-mereka yang telah lama menikah tapi belum memiliki anak. Hal ini kemungkinan berhubungan dengan pemberian ASI kepada bayi. Sejumlah peneliti menyebut bahwa aktifitas menyusui bayi menggunakan ASI dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. 

5. Gaya Hidup

Berolahraga teratur dan diet yang sehat dapat membantu mengurangi resiko dengan membuang lemak tubuh yang berbahaya. Tetapi melakukan olahraga secara berlebih dapat membuat tubuh sangat asam sehingga meningkatkan risiko tumor payudara. Merokok dan mengkonsumsi alkohol juga adalah faktor-faktor yang memicu risiko kanker payudara.

6. HRT

Beberapa wanita yang telah menopause kadang melakukan terapi pergantian hormon untuk mengganti hormon esteogen yang produksinya berhenti. Wanita yang menggunakan terapi hormon pengganti memiliki resiko sebanyak 66% kanker terkena payudara tapi risikonya bersifat sementara, jika terapi dihentikan dan tidak pernah dilakukan lagi selama lima tahun.  

7. Oral kontrasepsi

Kontrasepsi berupa pil meningkatkan resiko sebanyak seperempat kali lipat tapi karena pengguna oral kontrasepsi kebanyakan adalah wanita muda maka resiko menjadi lebih rendah.  

8. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko kanker payudara sebanyak 12%. Semua wanita yang aktif mengkonsumsi alkohol perlu menyadari bahaya alkohol yang dapat memicu perkembangan sel tidak normal di dalam tubuh terutama di area payudara. Delapan penyebab kanker payudara di atas bersifat indikator, artinya penyebab utama kanker tetap tidak bisa dijelaskan. Tetapi meskipun demikian menjalani gaya hidup sehat tentu tidak merugikan dan bahkan akan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh

Cara Mencegah Kanker Payudara

Penyebab kanker payudara bisa berasa dari faktor luar (baca: gaya hidup) maupun faktor internal (baca: keturunan). Baik yang memiliki riwayat kanker payudara maupun yang tidak, sebaiknya tetap menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan. berikut beberapa Tips cara Mencegah Kanker Payudara

1. Berhenti Minum Alkohol

Mengkonsumsi alcohol segelas perhari adalah cara jitu menaikkan resiko kanker payudara hingga 25 persen. So, buat drunker yang nggak bisa lepas dari minuman ini, berilah batasan dalam mengkonsumsi. Apalagi buat ibu hamil? Stop it! Atau jangan terkejut jika bayi yang dikandung mengalami kelainan. Dan buat yang belum pernah, tak perlu penasaran mencoba.

2. Kontrol Konsumsi Lemak

Kamu adalah apa yang kamu makan! Ya, sumber makanan yang tidak sehat berpotensi menimbulkan berbagai penyakit pada tubuhmu, termasuk kanker payudara. Kurangi sumber makanan yang mengandung; lemak jenuh, omega-6, dan lemak trans dan perbanyak konsumsi yang mengandung omega-3 (ikan laut), antikosidan (olive oil), dan Selenium, mineral antikanker yang bisa didapat dari biji-bijian.

3. Olahraga Rutin

Joging dua kali seminggu dengan masing-masing durasi 75 menit akan membantu kamu memiliki berat tubuh ideal. Jika tidak bisa selama itu, minimal lakukan olahraga selama 150 menit alam seminggu.

4. Konsumsi Makanan Alami

Makanan cepat saji, makanan ringan dengan bahan kimia, makan buah-buahan mengandung pestisida tanpa dicuci bersih bisa meingkatkan potensi terserang pernyakit, kanker payudara salah satunya.

Baca Juga  : Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Penyakit Diabetes


5. Rutin ‘Apel’ ke Dokter

Payudara terdiri dari kelenjar, tak mudah membedakan mana benjolan laman kelenjar. So, lakukan kunjungan ke dokter. Merasa sehat pun tetap penting karea jika kanker payudara terdeteksi lebih dini, peluang sembut menjadi lebih besar

Itulah beberapa Penjelasan Singkat mengenai Tanda-Tanda Penyakit Kanker Payudara, Faktor Penyebab Kanker Payudara dan Cara Mencegah Kanker Payudara. selanjutnya marilah kita sebaiknya tetap menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kesehatan, melalui pola (makan) hidup sehat, olahraga teratur, menjaga kebersihan jiwa dan raga serta menjaga gaya hidup kita agar tetap berada pada jalur gaya hidup sehat, selagi anda sehat ada baiknya anda menjaganya, karena menjaga kesehatan lebih mudah daripada mengobatinya, jika artikel ini bermanfaat ada baiknya anda menyebarkannya untuk kebaikan kita semua, terima kasih

0 Response to "TANDA-TANDA KANKER PAYUDARA, FAKTOR PENYEBAB DAN CARA MENCEGAHAN KANKER PAYUDARA"

Posting Komentar